Just want to say Alhamdulillah. Allah gives me ‘coolness of the eyes’ in this Ramadhan. It is knowledge which sends us to the path of Allah. Yes everything begins with tarbiyyah.

Apa kabar kamu, wahai Alfi? Masih adakah rasa gelisah di hati? Masih menangiskah engkah karena urusan duniawi? Sementara jutaan umat Islam tertindas di belahan bumi sana? Sementara ada orang yang merasa Ramadhan biasa saja, karena baginya setiap hari adalah puasa? Tak ada suatu apapun untuk makan dan minum…

Apa kabar kamu, wahai Alfi? Masihkah kamu mengeluh karena urusan sepele? Ingatkah saat perut Rasul diganjal batu karena pemboikotan selama 3 tahun lamanya? Ingatkah saat ia dicerca, dimaki, diludahi?

Ada orang-orang yang menghabiskan waktunya di bulan Ramadhan untuk berdzikr, bermuhasabah, shalat, mengaji, belajar tentang keindahan Islam, tapi ada juga orang-orang yang menghabiskan waktunya untuk mengeluh kapan maghrib datang, mengeluh kapan pekerjaan selesai, mengeluh kapan rejeki menghampiri, kapan bisa bersenang-senang dengan urusan dunia, kapan bisa mengobrol, karokean, pesta pora, kapan bisa bebas melakukan perbuatan maksiat.

Mari dekat lagi dengan orang-orang shalih. Saat rutinitas mencekik, rehatlah sejenak, menangislah di atas sajadah. Mari dekat lagi dengan orang-orang shalih. Saat dunia terlalu sibuk membicarakan aib saudara sendiri. Mari dekat lagi dengan orang-orang shalih. Saat orang-orang terlalu sibuk dengan uang, tak ada waktu untuk silaturahim, tak ada waktu untuk teman, sanak saudara, keluarga. Mari dekat dengan orang-orang shalih lagi. Saat kebanyakan kita hanya bisa terdiam melihat kemaksiatan di mana-mana. Mari dekat dengan orang-orang shalih lagi. Mereka tidak banyak, mereka adalah orang-orang asing, tapi semangat dan kegigihan mereka untuk menjadikan dunia ini lebih baik, menjadikan pribadi ini lebih berkualitas, menjadikan Tuhan satu-satunya tempat bertumpu, tidak akan pernah pudar.

Apa kabar kamu, Alfi? Ramadhan adalah satu bulan bagimu untuk “mensucikan diri”. Boleh jadi kamu mendapat ketenangan hati di sini. Tapi sesungguhnya, tantangan terbesar bagimu adalah saat 11 bulan ke depan. Masih istiqomahkah dengan semua ini? Mari  dekat dengan orang-orang shalih lagi, mereka adalah teman-temanmu yang selalu hadir untuk mengingatkan dan menguatkanmu. Mari dekat dengan orang-orang shalih lagi…..

Ingat saat kali pertama kamu ada di sini…..