Ada banyak cerita yang tak tersampaikan. Dibungkus rapi dalam sebuah kotak bernama rumah. Di dalam sana segala macam keadaan berusaha dinikmati. Dua makhluk berbeda dunia, rasa, selera, disatukan dalam sebuah perjalanan menuju surga. Satu bulan, dua bulan, tiga bulan, sekarang sudah lebih dari empat bulan rupanya. Baru terasa, ini yang disebut orangtua “rumah tangga”.

Tapi rumah akan selalu menjadi tentram manakala perbedaan pendapat yang menyulut api didinginkan lagi dengan kasih sayang, saat ada perbedaan selera makan yang membuat bingung, disatukan lagi dengan program TV kesayangan.

Rumah akan tetap terasa tenang, saat perbedaan tempat tak pernah menyulut kecurigaan, saat komunikasi berjalan walau jarak memisahkan.

Rumah akan tetap nyaman, walau pernah masing-masing kesal setengah mati untuk hal-hal kecil yang memancing sifat kekanak-kanakan, maaf selalu ampuh untuk meredakan. Saat timbul hal-hal yang di luar harapan, mengarahkan adalah jalan kemudahan.

Rumah akan tetap menyenangkan, saat ada lintasan hati yang tidak enak, berbicara lebih baik daripada dipendam, saat orangtua memberi nasihat “tidak boleh ada yang menjadi bom waktu dan duri dalam daging. Semua harus saling terbuka”, kita pun mengiyakan.

Rumah akan tetap memuliakan. Surga bagi istri yang taat pada suami, surga bagi suami yang bertanggung jawab dan membimbing keluarganya baik dunia maupun akhirat. Rumah adalah surga, saat ujian demi ujian datang, kita lewati dengan kedekatan kepada Tuhan.

Rumah adalah bangunan yang kokoh. Tangga dititi menuju surga. Satu anak tangga rusak, diperbaiki lagi dengan dzikr. Satu anak tangga mulai goyang, diperbaiki lagi dengan ilmu. Satu anak tangga mulai berdebu, dibersihkan lagi dengan iman.

Jatuh bangun membangun rumah yang masih seumur jagung ini, rasanya tetap nikmat. Berbagi beban dan kesenangan sekaligus. Wahai lelakiku, terimakasih untuk semuanya. Hidup menjadi ringan karena engkau, sekaligus repot karena engkau🙂. Rasa senang itu nikmat, rasa kesal tetap lucu untuk diingat. Selamat evaluasi empat bulanan. Selamat menyongsong tahun baru.