Alfi Syahriyani lahir pada 25 April 1989 di Kota Serang, Banten. Menyelesaikan studi S1-nya di Universitas Indonesia Program Studi Sastra Inggris, dan program magister linguistik di universitas yang sama. Senang menulis sejak duduk di bangku SMP dan mulai menyeriusi hobinya saat ia mendapat kesempatan untuk mengikuti kelas menulis di Rumah Dunia asuhan Gol A Gong. Karyanya pernah dimuat di koran lokal maupun nasional, seperti Radar Banten, Koran Sindo, thejakartapost.com dan kompas.com. Berbagai sayembara penulisan juga pernah dimenanginya. Pada 2010 silam, bersama kawan-kawannya penulis mendirikan ‘Komunitas Langit Sastra’ di Universitas Indonesia. Penulis juga pernah menerbitkan buku indie berjudul Festival bersama @IjonkMuhammad

Selain itu, penulis juga senang menggeluti penelitian dalam bidang linguistik dan studi budaya. Keinginan ini semakin kuat sejak ia mendapatkan kesempatan untuk melakukan penelitian budaya saat mengikuti kompetisi Mahasiswa Berprestasi FIB UI, dan berkesempatan mengikuti program summer course di Thailand tentang Studi Asia Tenggara. Penulis saat ini bekerja sebagai dosen Bahasa dan Sastra Inggris di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pilihan menjadi akademisi membuatnya tidak berhenti untuk terus belajar dan memperbaiki diri. Ia sangat terinspirasi dengan kata-kata Anhar Gonggong, seorang sejarawan dan akademisi. Katanya, “saya pernah menduduki jabatan dari eselon IV sampai I. Tapi di antara semua pekerjaan itu, saya paling senang menjadi guru, karena dengan mengajar kalian yang muda-muda begini, saya melihat masa depan”

Bergerak dalam dunia pendidikan tidak menyurutkan langkahnya untuk aktif dalam kegiatan bisnis-sosial, yaitu memberdayakan ibu-ibu mantan penderita kusta di Kampung Kusta Sitalanala, Tangerang. Di proyek ini juga penulis akhirnya bertemu dengan pelabuhan terakhirnya, Arriyadhul Qolbi Nasution, yang selalu mendukungnya  untuk menjadi pribadi yang lebih bertanggungjawab, baik dunia maupun akhirat. Pada tanggal 29 Oktober 2014 silam, penulis melahirkan putra pertamanya, yaitu Elfaz Afaren Nasution.

Aktivitas yang segudang dan pengalaman jatuh bangun dalam hidupnya membuat ia selalu berprinsip “Di balik kekuatan yang besar, selalu tersimpan tanggung jawab yang juga besar”

Penulis dapat dihubungi di:

FB: Alfi Syahriyani

Twitter: @alfisyahriyani

Email: alfi.syahriyani@gmail.com

Tumblr: http://www.alfisyahriyani.tumblr.com